Rabu, 28 Desember 2011

KONSEP MANAJEMEN PROSES WINDOWS VISTA


    Proses didefinisikansebagai program yang sedangdieksekusi. MenurutSilberschatz proses tidakhanyasekedarsuatukode program ( text section), melainkanmeliputibeberapaaktivitas yang bersangkutansepertiprogram counterdan stack. Sebuah proses jugamelibatkan stack yang berisi data sementara (parameter fungsi/ metode, return address, danvariabellokal) dandata section yang menyimpanvariabel-variabel global. Tanenbaumjugaberpendapatbahwa proses adalahsebuah program yang dieksekusi yang mencakupprogram counter, register, danvariabel di dalamnya.
    Keterkaitanhubunganantara proses dengansistemoperasiterlihatdaricarasistemoperasimenjalankan/ mengeksekusi proses. Sistemoperasimengeksekusi proses denganduacarayaitubatch system yang mengeksekusijobsdantime-shared system yang mengaturpengeksekusian program pengguna( user) atautasks. Bahkanpadasistempenggunatunggal( single user) seperti Microsoft Windows dan Mac OS, seorangpenggunamampumenjalankanbeberapa program padasaat yang sama, sepertiSpread Sheet, Web Browser, danWeb Email. Bahkanjikapenggunahanyamenggunakansatu program sajapadasatuwaktu, sistemoperasiperlumendukung program internalnyasendiri, sepertimanajemenmemori.Dengan kata lain, semuaaktivitastersebutadalahidentiksehinggakitamenyebutnya ”proses”.
    Program itusendiribukanlahsebuah proses. Program merupakansebuahentitaspasif; serupaisidarisebuahberkasdidalamdisket.Sedangkansebuah proses adalahsuatuentitasaktif, dengansebuahprogram counter yang menyimpanalamatinstruksi yang selanjutnyaakandieksekusidanseperangkatsumberdaya( resource) yang dibutuhkan agar sebuah proses dapatdieksekusi.

Status Proses
  • Running: status yang dimilikipadasaatinstruksi-instruksidarisebuah proses dieksekusi.
  • Waiting: status yang dimilikipadasaat proses menunggusuatusebuahevent seperti proses M/K.
  • Ready: status yang dimilikipadasaat proses siapuntukdieksekusiolehproseso.
  • New: status yang dimilikipadasaat proses barusajadibuat.
  • Terminated: status yang dimilikipadasaat proses telahselesaidieksekusi.
Konsep pembuatan proses pada sistem operasi windows vista:
Desain proses Windows vista dikendalikanolehkebutuhanuntukmenyediakandukunganberbagaivariasidarilingkungan OS. Proses didukungolehperbedaanlingkungan OS dalamberbagaicara, termasuktermasuk yang di bawahini:
· Bagaimana proses dinamakan
· Jika thread disediakan proses
· Bagaimana proses dipresentasikan
· Bagaimanasumberdaya proses dilindungi
· Bagaimanamekanismeangdigunakanuntukkomunikasiinterprocesdansinkronisasi
· Bagaimana proses dihubungkandengan yang lain

Karakteristikpentingdari proses windows vista adalahsebagaiberikut:
· Proses windows vista diimplementasikansebagai object.
· Sebuah proses executable bisaberisisatuataulebih thread.
· Proses dan object thread memilikikemampuansinkronisasi built- in.
Proses PembuatanSuatu Proses dimulaidenganmengeksekusi program kemudianmemeriksa priority danapabilaprioritynyatinggimakaakanlangsungpada status ready dankemudian running tapijika priority sedangatauperluantrian, makaakanada proses blocked danmengantrisampaigiliran program tersebut running.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar