Kamis, 05 Januari 2012

Mengkompresi File PDF melalui Nautilus

    Format PDF ini sudah menjadi standar pertukaran file bagi hampir semua pengguna PC. Apalagi, format PDF dapat dibuka di multi-platform (Windows, Linux, dan MAc) serta tidak mengenal versi aplikasi pembukanya.

    Dalam era internet seperti sekarang ini, pertukaran file melalui e-mail adalah hal yang biasa. Namun, bagi pengguna yang dikantornya dibatasi quota pengiriman e-mail, hal ini dapat menjadi kendala. Misalnya, pengiriman lampiran (attachment) pada email dibatasi maksimal sebesar 1 MB. Jika ada file PDF yang lebih besar dari itu, sudah dapat dipastikan lampiran tersebut tidak dapat terkirim.

    Solusinya, mampatkan (compress) file PDF tersebut. namun, di Linux tidak banyak aplikasi yang dapat memampatkan (compress) ukuran file PDF. Untungnya, bagi para pengguna Nautilus di GNOME, ada trik untuk menambahkan kemampuan kompresi file PDF. Cara install-nya terbilang mudah.
Anda dapat menyalin script yang terdapat di bawah ini dan tempelkan pada konsol atau terminal lalu tekan [ENTER]. Yang perlu diperhatikan, koneksi Internet wajib tersedia karena script ini akan men-download script file Compress-PDF.

sudo apt-get install zenity ghostscript
cd ~/.gnome2/nautilus-scripts
rm -rf Compress\ PDF #in case you're using
an older version
wget http://launchpad.net/compress-pdf/1.
x/1.4/+download/Compress-PDF-1.4.tar.gz
tar zxvf Compress-PDF-1.4.tar.gz

    Setelah selesai, fungsi kompresi PDF akan langsung aktif pada Nautilus. Jika tidak aktif, restart Nautilus. Cara menggunakannya, klik kanan file PDF yang akan dikompresi lalu pilih "Script | Compress PDF". Saat muncul boks dialog Compress PDF, pilih jenis tingkatan kompresi yang akan digunakan. Hasil kompresi yang didapat sangat bervariasi. salah satu penyebabnya adalah kualitas dan isi dari file sumber. File PDF yang banyak gambar tentunya berbeda dengan file PDF yang hanya berisi teks.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar